Jumat, 08 Juli 2011

Siapa telandan kita?

PDT DR   H.I. MISSAH

  “Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup.” I Yohanes 2:6.
·          “Sebab untuk itulah kamu dipanggil, karena Kristuspun telah menderita untuk kamu dan telah meninggalkan teladan bagimu, supaya kamu mengikut jejakNya.” I Petrus 2:21.
 
Apa yang Yesus tinggalkan sebagai teladan dalam hal Babtisan? Kita tahu bahwa Babtisan adalah pernyataan kepercayaan, pertobatan dan penurutan, Yesus sendiri tidak berdosa seharusnya tidak perlu dibabtiskan. Tetapi Yesus memberi teladan bagi kita untuk kita ikuti seperti yang difirmankan.
·         “Domba-dombaku mendengarkan suaraKu dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut aku.” Yoh. 10:21.
·         Dibabtis untuk mengikut teladan Yesus Kristus dalam menggenapkan kehendak Allah. Matius 3:15
·         Dibabtis untuk melaksanakan perintah Agung dari Yesus. Matius 28:18-20.
·         Untuk keselamatan orang yang percaya. Markus 16:16.
·         Syarat agar kita bisa masuk kedalam kerajaan Allah. Johanes 3:5
·         Dibabtis untuk keampunan dosa serta            penerimaan karunia Roh Kudus. Kisah 2:36.
 
Apa bentuk babtisan yang benar?
“Satu Tuhan, satu iman, satu babtisan. Efesus 4:5. Catatan : Walaupun Alkitab hanya menyatakan satu babtisan “Satu babtisan” namun kekristenan terbagi dalam metode. Sebagian melaksanakan percikan, kibar bendera, Memasuki peti jenajah, Infusi(air ditumpahkan), yang lain disiram, dan masih ada yang dicelupkan atau dimasukkan kedalam air.
 
Note: Yesus dibabtiskan dengan diselamkan disungai Jordan untuk memenuhi dan menggenalkan kehendak Allah dan juga sebagai teladan bagi setiap orang yang percaya kepadanNya -  Matius 3:15-17
 
Bagaimana orang Kristen harus dibabtiskan?
·         “Karena dengan dia kamu dikuburkan dalam babtisan, dan didalam Dia kamu turut dibangkitkan juga oleh kepercayaanmu kepada kerja kuasa Allah yang telah membangkitkan dia dari orang mati.” Kolose 2:12. Catatan: Babtizo adalah bahasa Yunani untuk perkataan babtisan. Artinya dicelupkan, tercebur kedalam air, terbenam kedalam air. Apabila anda mengubur sesuatu anda menutupnyasama sekali. Orang yang di kubur wajahnya menghadap ke atas bukan ke bawah. Dia sekali di tutupi, bukan tiga kali. Itulah sebabnya pencelupan tiga kali bukanlah lambang yang tepat. Dalam babtisan alkitab yang benar calon dimasukkan kedalam air seluruhnya, menelentang, kemudian dibawa keluar air. Ini adalah lambang kematian, penguburan, dan kebangkitan.
 
Siapa yang layak dipilih untuk dibabtiskan?
·         “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa muridKU dan babtislah mereka dalam nama Bapa, Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melalukan segala sesuatu yang Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.” Matius 28:19,20. Baca Kisah 2:38; Yesaya 55:7; Roma 10:9,10. Catatan : Orang yang menginginkan babtisan harus (1) Diajar, (2) Percaya dan Bertobat, (3) Meninggalkan kehidupan berdosa yang lalu.  Seorang bayi tidak dapat memenuhi syarat-syarat ini sudah jelas babtisan bayi tidak berdasarkan Alkitab.
 
Bagaimana caranya Yesus di babtiskan?
·         “Pada waktu itu datanglah Yesus dari Nazaret di tanah Galilea, dan Ia dibabtiskan di sungai Yordan oleh Yohanes. Pada saat Ia keluar dari air, Ia melihat langit terkoyak, dan Roh seperti burung merpati turun keatasNya. Lalu terdengarlah suara dari sorga: ‘Engkaulah anak yang Kukasihi, kepadMulah Aku berkenan.’ ” Markus 1:9-11. Catatan : Kristus dibabatiskan di sungai Yordan. Dia celupkan karena Kitab Suci mengatakan Ia “keluar dari air.”
 
Dengan cara apa rasul-rasul itu membabtiskan?
·         “Maka mulailah Filipus berbicara dan bertolak dari nas itu ia memberitakan Injil Yesus kepadanya. Mereka melanjutkan perjalanan mereka, dan tiba disuatu tempat yang ada air. Lalu kata sida-sida itu: ‘Lihat, disitu ada air; apakah halangannya, jika aku dibabtis?’ Sahut Filipus: ‘Jika tuan percaya dengan segenap hati, boleh.’  Jawabnya : ‘Aku percaya, bahwa yesus kristus adalah anak Allah. Lalu orang Etiopia itu menyuruh menghentikan kereta itu, dan keduanya turun kedalam air, baik filpus maupun sida-sida itu, lalu Filipus membabtis dia dan mereka keluar dari air, Roh Tuhan tiba-tiba melarikan Filipus dan sida-sida itu tidak melihatnya lagi. Ia meneruskan perjalanannya dengan suka cita.” Kisah 8:35-39.  Catatan : Baik Filipus maupun sida-sida itu masuk kedalam air dan keluar dari air. Yohanes juga mencelupkan orang-orang sebab ia membabtiskan orang dimana  “terdapat banyak air.” Kisah 8:36 Salinan asli:  Kata air di ayat tsb berasal dari kata Yunani Hudor yang menunjukkan pada jumlah air yang besar. Kata Hudor selalu dikaitkan dengan tempat yang volume airnya banyak seperti laut, sungai, air bah, kolam, dsb. Jadi memang benar bahwa baptisan yang dikenal pada jaman Yesus dan para rasul adalah dibenamkan ke dalam air. Mereka belum mengenal baptisan model dipercikkan sebagaimana yang dipraktekkan banyak gereja dewasa ini.
·         Johanes 3:23 Akan tetapi Yohanespun membaptis juga di Ainon, dekat Salim, sebab di situ banyak air, dan orang-orang datang ke situ untuk dibaptis,
 
Sekarang dukungan sejarah.  Baptisan dengan percikan pertama terjadi ketika Constantine, Kaisar Romawi ditahun 321 minta dibaptiskan menjadi orang Kristen.  Tapi dia menolak untuk diselamkan, dan memaksa supaya dipercik atau disirami saja dahinya.  Inilah pemberontakan pertama terhadap perintah Tuhan yang sangat jelas dan disertai teladan Yesus sendiri. Hal ini sudah dinubuatkan oleh Rasul Paulus sendiri bahwa akan terjadi kemurtadan dalam gereja Kristen sepeninggalnya. Dan benar saja, hanya dalam waktu duaratus tahun lebih sepeninggal Rasul Paul nubuatan ini digenapi:
 
"Aku tahu, bahwa sesudah aku pergi, serigala-serigala yang ganas akan masuk ke tengah-tengah kamu dan tidak akan menyayangkan kawanan itu.  Bahkand dari antara kamu sendiri akan muncul beberapa orang, yang dengan ajaran palsu mereka berusaha menarik murid-murid dari jalan yang benar supaya mengikuti mereka." (Kisah 20:29,30). Upacara Baptisan dengan diselamkan diganti menjadi baptisan yang sama sekali tidak pernah tertulis didalam firman Tuhan.
 
Apa arti babtisan?
·         “Atau tidak tahukah kamu, bahwa kita semua yang telah dibabtis dalam Kristus telah dibabtis dalam kematianNya? Dengan demikian kita telah dikuburkan bersana-sama dengan Dia oleh babtisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru.” Roma 6:3,4.
 
Apa yang ditunjukkan babtisan tentang hubungan seseorang dengan Kristus?
·         “Karena kamu semua, yang dibabtis oleh Kristus, telah mengenakan Kristus.” Galatia 3:27. Baca Kisah 22:16. Catatan : Babtisan tidak mencuci atau membuat kita bersih; itu adalah lambang penebusan darah Kristus. Itu adalah kesaksian untuk umum seperti upacara perkawinan, perubahan hidup sebelumnya dan penyatuan hidup seseorang dengan Kristus.
 
Bagaimana orang-orang percaya bersatu dalam iman?
·         “Karena itu sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula Kristus. Sebab dalam satu Roh kita semua, baik orang Yahudi, maupun orang Yunani, baik budak, maupun orang merdeka telah dibabtis menjadi satu tubuh dan kita semua diberi minum dari satu Roh.” I Korintus 12:12, 13.
 
Berkat-berkat apa yang diterima orang-orang yang dilahirkan kembali?
          Diangkat sebagai anak-anak Allah (Yoh 1:12)
          Dimeteraikan dengan Roh Kudus (Efesus 1: 14)
          Memiliki hidup yang kekal (I Yoh 5:13)
          Menjadi ciptaan baru (II Kor 5:17)
          Memiliki perhatian/ prioritas yang berbeda (Roma 8:5, Fil 3:7, Kol 3:1-2)
          Memiliki hukum yang tertulis dalam hati (Ibr 8 :10)
          Hidup dalam pemeliharaan Tuhan (I Pet 1:5; 5:7)
          Kuasa untuk menang atas dosa (I Yoh 3:6)
 
Apa harus menunggu?
·         “Dan sekarang, mengapa engkau masih ragu-ragu? Bangunlah, berilah dirimu dibabtis.” Kisah 22:16.
 
Jesaya 55:6-7:
          Carilah TUHAN selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepada-Nya selama Ia dekat!
          Baiklah orang fasik meninggalkan jalannya, dan orang jahat meninggalkan rancangannya; baiklah ia kembali kepada TUHAN, maka Dia akan mengasihaninya, dan kepada Allah kita, sebab Ia memberi pengampunan dengan limpahnya.
 
Ibrani 3:7 Sebab itu seperti yang dikatakan Roh Kudus: “padahari ini, jika kamu mendengar suaraNya, janganlah keraskan hatimu seperti dalam kegeraman….
Matius 10 : 32-33 Setiap orang yang mengakui Aku di depan manusia, Aku juga akan mengakuinya di depan Bapa-Ku yang di sorga. Tetapi barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia, Aku juga akan menyangkalnya di depan Bapa-Ku yang di sorga.
 
Semoga firman Allah yang menjadi pedoman dalam kehidupan kita. Akhirnya kita boleh mengaminkan “Satu Tuhan, satu iman, satu babtisan.” Efesus 4:5.
 
Teman-teman yang mau menambahkan sesuai dengan firman Tuhan sangat kami hargai untuk menambah kelengkapan akan pengertian kita terhadap teladan yang diberikan Yesus Kristus bagi kita. Kita rindu untuk bertemu dengan Yesus. Hanya permohonan agar jangan di perdebatkan. Lihat prinsipnya jangan sampai berobah-obah atau disamar-samarkan. Benar bahwa kita percaya bila ada yang benar pasti ada yang palsu, guru yang palsu pasti dari Setan, bahkan 1/3 malaikat sorga dan masih di kerjaan Allah kita masih bisa mengelabuinya dan akhirnya di jatuhkan ke bumi. Jangan ikut-ikutan dengan om Setan…he..he…he…
 
2 Kor 11:13-15   Sebab orang-orang itu adalah rasul-rasul palsu, pekerja-pekerja curang, yang menyamar sebagai rasul-rasul Kristus. Hal itu tidak usah mengherankan, sebab Iblispun menyamar sebagai malaikat Terang. Jadi bukanlah suatu hal yang ganjil, jika pelayan-pelayannya menyamar sebagai pelayan-pelayan kebenaran. Kesudahan mereka akan setimpal dengan perbuatan mereka.
 
Bacalah Alkitab anda dan turutilah perintahNya maka Tuhan akan berkenan dan memberkati seluruh jalan hidup kita… Tuhan memberkati.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar