Kamis, 16 Februari 2012

PEMURIDAN KELUARGA: ANAK-ANAK DALAM PEMURIDAN


PEMURIDAN KELUARGA: ANAK-ANAK DALAM PEMURIDAN
Oleh Don Mac Lafferty

  • Pemuridan keluarga-keluarga kepada Kristus - 50 Menit
  • Saudara membutuhkan: Sebuah slide Power Point dengan foto pribadi

MENGAPA – 5 menit
  • Kegiatan: Bentuk kelompok-kelompok yang beranggotakan dua orang. Bagikan suatu tempat favorit yang telah diambil oleh seorang anggota keluarga. Setiap orang menggambarkan bentuk kakinya di atas selembar kertas. Tempelkan bentuk kaki tersebut bersama tempat favorit Saudara yang telah diambil oleh seorang anggota keluarga. Semua orang dibagi menjadi pasangan selama 2 menit dan menceritakan mengapa tempat favorit mereka itu istimewa.
  • Katakanlah: "Sama seperti kita masing-masing memiliki tempat istimewa di mana kita telah dibawa oleh kaki kita, Yesus memiliki tempat istimewa di mana Dia ingin membawa kita ke sana -- Surga. Perjalanan kita di sepanjang jalan adalah petualangan pribadi pemuridan kita."


APA & BAGAIMANA – 35 menit
Mengapa kita perlu membuat pemuridan anak-anak kita menjadi prioritas utama SEKARANG?
(Tanyakan peserta jika mereka bisa menebak apa yang diwakili oleh angka berikut).
Penelitian terakhir dari Value Genesis dan Dr Roger Dudley (Mengapa Kaum Remaja Kita Meninggalkan Gereja) mengungkapkan bahwa Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh di Amerika Utara sedang kehilangan lebih dari 50% orang-orang muda Advent kita pada saat mereka mencapai usianya yang ke-20. (Berikan statistik untuk negara Saudara, jika ada).

Mengapa kita perlu membuat pemuridan anak-anak kita sebagai prioritas utama SEKARANG?                   36/52
o    36 adalah usia rata-rata penduduk Amerika Serikat
o    52 adalah usia menengah anggota Gereja MAHK di Amerika Utara
INNOVATION (Pusat Pelayanan Kreatif) Vol.12, No.19, 1 November  2006.

Mengapa kita perlu membuat pemuridan anak-anak kita menjadi prioritas utama SEKARANG?  0-13
-  Menurut penelitian  George Barna, “ jendela ajaib”  untuk keputusan yang aman bagi Yesus Kristus adalah dari lahir – 13 tahun.
-   Mengingat dari seluruh rentang kehidupan seseorang, ia paling terbuka untuk menerima Yesus adalah selama rentang usia yang sempit ini.
Transforming Children into Spiritual Champions oleh George Barna, hal.18, 24, 47.

Apa Yang Hilang?
Anak-anak kita sering kehilangan:
  • Hubungan pribadi dengan Yesus Kristus
  • Jaminan keselamatan
  • Waktu harian untuk mengasingkan diri bersama Tuhan
  • Dasar Alkitabiah bagi iman mereka
  • Sukacita menggunakan karunia mereka dalam ibadah, pelayanan, dan misi
  • Sukacita dalam memuridkan sahabat-sahabat mereka kepada Yesus

Allah memiliki impian bagi keluarga-keluarga-Nya!
 Allah telah mengungkapkan impian-Nya bagi keluarga-keluarga kita dalam firman-Nya
Apakah impian Allah bagi keluarga-keluarga?
Ajaklah peserta untuk membaca Kitab Kisah Para Rasul 2:17 betrsama-sama. Tekankan bahwa Petrus mengutip Kitab Yoel 2.  Tanyakan: "Apa impian Allah bagi keluarga-keluarga?"
  • Dipenuhi Roh Kudus
  • Bernubuat
  • Orang muda mendapat khayal dan orang tua mendapat mimpi
  • Sudah saatnya bagi kita untuk mengalami hal-hal ini bersama-sama

Apa impian Allah Bagi Keluarga-Keluarga?
Ajaklah para peserta membaca Kitab Maleakhi 4:5, 6 bersama-sama.
Tanyakan: "Apa impian Allah bagi keluarga-keluarga?" Para ayah dan ibu yang hatinya tertarik pada hati anak-anak mereka, hati anak-anak tertarik pada orang tua mereka

Keluarga Mac Lafferty
Secara singkat ceritakan kisah Pendeta Don Mac Lafferty: Pada tahun 1999, Don tidak menyisihkan waktu yang seimbang bersama anak-anaknya. Hidupnya difokuskan pada apa yang Allah lakukan di gereja daripada apa yang Allah rindukan untuk dilakukannya di rumah tangganya.
  • Pendeta muda dalam proyek gedung gereja
  • Malam musim dingin - pulang untuk makan malam kemudian pergi ke gedung pertemuan komite
  • Mengucapkan "Bye!" -- Anaknya Julie dan Jason (berusia 3 dan 7 tahun) menangis, "Ayah, tinggallah di rumah bersama kami."
  • "Tidak bisa tinggal. Sudah membuat janji. Harus pergi. "
  • Mereka berpegang pada leher Don, sambil menangis, "Ayah, engkau tidak pernah bermain dengan kami."
  • Don melepaskan jari-jari kecil mereka dari lehernya, mengucapkan selamat tinggal dan pergi.
  • Berjalan di seberang jalan menuju ke gereja, Allah berhasil melewatinya.
  • Berdiri di pertengahan jalan, melihat bolak-balik dari gereja yang terang ke rumahnya.
  • Allah berkata, "Ketika Aku datang, Aku tidak akan bertanya tentang gereja yang baru engkau bangun. Aku tidak akan menanyakan padamu berapa banyak anggota yang tergabung di gerejamu. Aku akan menanyakan padamu, "Mana Julie dan Jason?"
  • Allah memanggil hati ayah ini kembali kepada anak-anaknya.
  • Pengalaman ini telah mengirim Don pada suatu perjalanan mencari kehendak Allah.
  • Don menemukan impian Allah bagi anak-anaknya sendiri dan keluarganya.
  • Penglihatan bagi Anak-anak dalam Pemuridan telah jelas baginya -- Perlu untuk memanggil hati para orang tua kembali kepada anak-anak mereka -- Perlu untuk melengkapi para orang tua untuk menjadi pembimbing rohani utama dari anak-anak mereka sendiri untuk memenuhi impian Allah bagi mereka. Pada tahun 2002, Allah telah menggerakkan hati Pendeta Don untuk memulai Pelayanan Anak-anak Dalam Pemuridan.
Pertimbangkanlah untuk memasukkan dalam gambar Saudara sendiri penglihatan mengenai K.I.D. (Kids In Discipleship) dan sesuaikan dengan selera Saudara dan anak-anak Saudara.

Apa Impian Allah Bagi Keluarga-Keluarga?
Mintalah seorang sukarelawan untuk membaca Ulangan 6:4-7.

Tanyakan: "Apa impian Allah bagi keluarga-keluarga?"
  • Para orang tua mengasihi Tuhan dengan segenap hati mereka
  • Anak-anak harus dibimbing oleh orangtua mereka untuk mengasihi Tuhan dengan segenap hati mereka dan untuk mematuhi perintah-perintah Allah

Siapa yang dipanggil Allah menjadi pembimbing pemuridan anak-anak YANG UTAMA? ORANG TUA. Bagaimana kita mengetahui bahwa rencana Allah bagi para orangtua untuk membimbing anak-anak mereka? Pola Kitab Ulangan mengatakan, "Apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun."

Visi K.I.D.: Setiap anak, remaja dan keluarga menjadi murid-murid Yesus Kristus! Impian Allah adalah bahwa anak-anak kita, remaja dan keluarga-keluarga kita diberdayakan menjadi murid-Nya sekarang, bukan beberapa waktu mendatang. Anak-anak Dalam Pemuridan (K.I.D.) merupakan pelayanan yang ditawarkan di gereja-gereja setempat yang dirancang khusus untuk keluarga-keluarga dan berfokus pada anak-anak.
Suatu Departemen K.I.D. setempat merupakan alat yang digunakan gereja-gereja untuk pemuridan yang disengaja. Pelayanan di gereja setempat ini akan membekali para orang tua untuk pertama bertumbuh sementara memuridkan diri mereka sendiri lalu kemudian memuridkan anak-anak mereka. Keluarga-keluarga akan bertumbuh dalam hubungan mereka dengan Yesus Kristus, dasar alkitabiah mereka dalam gerakan Gerja Masehi Advent Hari Ketujuh, dan akan diberdayakan untuk berpartisipasi dalam gereja setempat mereka dalam ibadah, dalam pelayanan kepada orang percaya lainnya, dan dalam misi bagi orang-orang lain di luar iman kita.

Bagaimana greja-gereja memulai pelayanan K.I.D. bagi keluarga-keluarga dan anak-anak dari jemaat mereka?

Doa
Mempersiapkan Gereja--------------- Memperlengkapi Para Orang Tua --------------- Memuridkan Anak-Anak

Ø  Gereja-gereja mulai dengan mendirikan pelayanan doa dengan seorang koordinator doa yang merekrut mitra doa lain untuk mencari kehendak Allah bagi keluarga-keluarga dan anak-anak dari jemaat setempat mereka. Kita tidak bisa melebih-lebihkan nilai doa. Roh Kudus sangat ingin mengubah hati para orang tua terhadap anak-anak mereka dan anak-anak terhadap orang tua mereka.

Ø  Kedua, kelompok-kelompok jemaat menghadiri Universitas K.I.D.. Mereka kembali ke rumah untuk mempersiapkan gereja mereka menerima dan mendukung pelayanan pemuridan.

Ø  Langkah berikutnya adalah memperlengkapi para orang tua untuk menjadi pembuat murid. Para orang tua dan para pembimbing lainnya belajar untuk masuk lebih dalam pada hubungan mereka dengan Yesus dalam pengalaman pemuridan diri mereka sendiri. Kemudian mereka belajar bagaimana untuk dengan sengaja membimbing anak-anak mereka.

Ø  Terakhir anak-anak (bersama para orang tua / pembimbing) dimuridkan kepada Yesus. Mereka bertumbuh ke dalam suatu hubungan yang lebih mendalam bersama Yesus. Mereka belajar bagaimana memiliki waktu pribadi bersama Allah. Mereka mempelajari kebenaran Yesus seperti yang ditemukan dalam Firman-Nya. Mereka belajar bagaimana membagikan Yesus kepada orang lain.

Mempersiapkan Gereja
  1. Membagikan Penglihatan Alkitabiah
  2. Mengkhotbahkan suatu seri khotbah
Membagikan penglihatan Alkitabiah untuk memuridkan anak-anak, remaja dan keluarga -- pada khotbah Hari Sabat. (Jangan ragu untuk menggunakan power point ini).

Memperlengkapi Para Orang Tua
Melaksanakan Jejak Kaki Bagi Para Orang Tua & Pembimbing
Jejak kaki bagi Para Orang Tua & Pembimbing adalah kurikulum kelompok kecil yang dirancang untuk 12 minggu.

Memuridkan Anak-Anak
Melaksanakan Jejak Kaki Bagi Anak-Anak
Jejak Kaki Bagi Anak-anak adalah sebuah perjalanan pemuridan keluarga yang ramah  selama 24 minggu menggunakan kurikulum kelompok kecil.

Doa
Mempersiapkan Gereja --------------- Memperlengkapi Para Orang Tua --------------- Memuridkan Anak-Anak
Hasil!

Apa hasilnya bagi para orang tua & para penasehat?
  • Mereka menemukan kembali panggilan Yesus untuk pemuridan
  • Mereka dengan sengaja membimbing anak-anak mereka sendiri
  • Mereka tidak perlu bergantung pada orang lain untuk menghubungkan anak-anak mereka kepada Yesus. (Ceritakan sebuah cerita di sini).

Apa hasilnya bagi keluarga-keluarga?
  • Hubungan keluarga diperkuat
  • Komunikasi spiritual meningkat dan "alamiah"
  • Mereka mengalami keterlibatan yang lebih dalam bersama-sama dalam kehidupan gereja dalam ibadah serta pelayanan dan misi. (Ceritakan sebuah cerita di sini)

Apa hasilnya bagi anak-anak?
  • Anak-anak mengadakan suatu keterhubungan pribadi dengan Yesus dalam waktu pribadi sehari-hari bersama-Nya
  • Anak-anak memahami dasar Alkitabiah akan keyakinan Kristen mereka
  • Anak-anak mengalami sukacita membawa teman-teman mereka kepada Yesus. (Ceritakan sebuah cerita di sini)

Bagaimana jika GEREJA SAUDARA menerapkan Pelayanan K.I.D.?  – 10 menit

Waktu Diskusi
Kelompok-kelompok mendiskusikan yang berikut ini:
o    Jika sebuah keluarga di gereja Saudara melakukan perjalanan pemuridan melalui suatu perubahan hidup bersama Yesus, bagaimana hal itu mempengaruhi rumah tangga mereka?
o    Bagaimana pelayanan K.I.D. mempengaruhi gereja Saudara?
o    Bagaimana hal itu mempengaruhi kehidupan kerohanian para anggota gereja?
o    Mintalah 1 – 2 komentar. Beri waktu bagi para peserta untuk membagikan jawaban mereka atas pertanyaan-pertanyaan tersebut.
o    Mintalah komentar dan pertanyaan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar