Jumat, 09 Maret 2012

1. KEMURTATAN IBLIS

Dari manakah asal dosa? Dapatkah itu dilarang? Menapa dosa ada sekarang? Masing-masing pertanyaan ini dapat dijawab. Tidak perlu bingung. Apa yang dikatakan Alkitab?
 
1.    Apakah Allah yang menjadikan setan? Jawab: Tidak ada tulisan Alkitab yang menunjukkan Allah menjadikan setan. Semua yang diciptakan Allah adalah baik dan sempurna (Baca Kejadian 1:31).
 
2.    Siapa yang dijadikan Allah? Jawab: “Engkau tidak bercela di dalam tingkah lakumu sejak hari penciptaanmu sampai terdapat kecurangn padamu.” Yehezkiel 28:15.
 
Catatan: Dalam fasal ini Pangeran Tirus menggambarkan Lusifer. Ini adalah nubuatan dari raja Tirus secara harafiah, tatapi jika dibaca dengan teliti ini mempunyai arti yang lebih luas karena kesimpulan tertentu seperti “engkau di taman Eden, yaitu taman Allah.” Yehezkiel 28:13.
 
3.    Apa jabatan Lusifer sebelum ia berdosa? Jawab: “Kuberikan tempatmu dekat kerub yang berjaga.” Yehezkiel 28:14, bagian pertama. Dia disebut “kerub yang berjaga” dalam ayat 16. Karena jabatannya dekat ke takta Allah tampanya ia menjadi pemimpin para malaikat.
 
4.    Bagaimana Lusifer menjadi setan? Jawab: “Wngkau sombong karena kecantikanmu, hikmatmu kau musnahkan demi semarakmu.” Yehezkiel 28:17, bagian pertama. “Wah, engkau sudah jatuh dari langit, hai Bintang Timur, putra Fajar, engkau sudah dipecahkan dan jatuh ke bumi, hai yang mengalahkan bangsa-bangsa! Engkau yang tadinya berkata dalam hatimu: Aku hendak naik ke langit, dan aku hendak duduk di atas bukit pertemuan, jauh di sebelah utara. Aku hendak naik mengatasi ketinggian awan-awan hendak menyamai Yang Mahatinggi! Yesaya 14:12-14.
 
Catatan: Di sini Iblis digambarkan di bawah ….. Raja Baebel. Sebagaimana Allah adalah raja di belakang takhta Israel, demikian juga Iblis adalah raja di belakang takhta penyembah berhala Tirus dan Babel dan kadang-kadang bangsa-bangsa dan pemimpin-pemimpin ini memantulkan sifat-sifat Iblis.
 
5.    Apa yang dilakukan kemurtadan Iblis? Jawab: “Maka timbullah peperangan di sorga. Mikhael dan malaikat-malaikanya berperang melawan naga (setan) itu, dan naga itu dibantu oleh malaikat-malaikatnya.” Wahyu 12:7.
Jawab: “Tetapi mereka tidak dapat bertahan; mereka tidak mendapat tempat lagi di sorga. Dan naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau Setan, yang menyesatkan seluruh dunia, dilemparkan ke bumi, bersama-sama dengan malaikat-malaikanya.” Wahyu 12:8,9. Ini sesuai dengan apa yang dikatakan Yesus, Aku melihat Iblis jatuh seperti kilat dari langit.” Lukas 10:18.
 
6.    Di mana setan itu sekarang? Jawab: “Karena itu bersukacitalah, hai sorga dan hai kamu sekalian yang diam di dalamnya, celakalah kamu, hai bumi dan laut! Karena Iblis telah turun kepadamu, dalam geramnya yang dahsyat, karena ia tahu, bahwa waktunya sudah singkat.” Wahyu 12:12.
 

KESIMPULAN

            Pertikaian antara Kristus dan Iblis terus di dunia ini. Setan itu terutama marah kepada orang yang berusaha memelihara hukum-hukum Allah (Wahyu 12:17). Sebabnya karena orang-orang yang memelihara hukum itu akan memasuki kerajaan Allah dan hidup selam-lamanya (Wahyu 22:14). Karena Iblis adalah “Pembohong” dan “Pembunuh” (Yohanes 8:44) tidak selamat mengikuti anjuran-anjurannya. Oleh karena itu marilah kita tentukan untuk memperhatikan dan menurut perintah Kristus: “Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintahKu.” Yohanes 14:15. “Sebab inilah kasih kepada Allah, yaitu , bahwa kita menuruti perintah-perintahNya. PerintahNya itu tidak berat.” 1 Yohanes 5:2-3.
 
2. BAGAIMANA MANUSIA BERDOSA
 
            Dosa timbul ketika Lusifer dan malaikat-malaikatnya meninggalkan kesetiaan mereka kepada Allah. Ketika mereka diusir dari sorga (Wahyu 12:9). Iblis memikirkan rencana supaya manusia mengikuti dia. Inilah yang disebut pertentangan andta Kristus dan Iblis. Keduanya mencari para pengikutnya.
 
7.    Apa yang dilakukan ular itu di taman Eden di mana manusia berada? Jawab: “Adapun ular ialah yang paling cerdik dari segala binatang di darat yang dijadikan olehTuhan allah. Ular itu berkata kepada perempuan itu: ‘Tentulah Allah berfirman: Semua pohon dalam taman ini jangan kamu makan buahnya, bukan?’ Lalu sahut perempuan itu kepada ular itu: ‘Buah pohon-pohon dalam taman ini boleh kami makan, tetapi tentang buah pohon yang ada di tengah-tengah taman, Allah berfirman: ‘Jangan kamu makan ataupun raba buah itu, nanti kamu mati.’ Tetapi ular itu berkata kepada permpuan itu: ‘Sekali-kali kamu tidak akan mati.’” Kejadian 3:1-4. Catatan: Ular itu adalah perantara yang oleh Iblis menarik perhatian Hawa. Tidak kuat kebenaran itu dipengang. Dia tahu mereka dapat memakan buah pohon-pohon itu tetapi ia coba membuatnya Allah melarangnya. Ketika Hawa mengatakan kepadanya bahwa hanya buah pohon yang di tengah-tengah taman itu yang tidak boleh mereka makan atau peang supaya mereka tidak mati kemudian Iblis membantah dan mengatakan dusta, “Sekali-kali kamu tidak akan mati”.
 
8.    Siapa yang dipercayai Adam dan Hawa, Allah atau ular? Jawab: “Permpuan itu melihat, bahwa buah pohon itu baik untuk dimakan dan sedap kelihatannya, lagi pula pohon itu menarik hati karena memberi pengertian. Lalu ia menambil dari buahnya dan dimakannya dan diberikannya juga kepada suaminya yang bersama-sama dengan dia, dan suaminyapun memakannya.” Kejadian 3:6.
 
9.    Karena Adam berdosa bagaimana dosa ini mempengaruhi umat manusia? Jawab: “Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang, dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah mau itu menjalar kepada semua orang, karena semua orang berbuat dosa.” Roma 5:12. Baca Roma 3:23; I Korintus 15:22, bagian pertama.
 
10.  Apakah dosa itu? Jawab: “Setiap orang yang berbuat dosa, melanggar juga hukum Allah, sebab dosa ialah pelanggaran hukum Allah.” 1 Yohanes 3:4. Baca Roma 4:15. Hukum Allah menolong kita untuk mengetahui apakah dosa (Roma 3:20, bagian terakhir).
 

KESIMPULAN

 
            Pendurhakaan kepada perintah Allah adalah dosa di Taman Eden. Prinsip yang sama tetap berlaku pada hari ini. Namun, orang tidak perlu terus mendurhaka dan berdosa. Kapan saja orang berdosa ia membuat pilihan. Baca Yosua 24:15.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar