Jumat, 09 Maret 2012

SETAN DIRANTAI SELAMA 1000 TAHUN

Setan Tidak Mengoda Lagi selama seribu tahun lamanya.
 
Sekelompok peneliti Aretic terperangkap di satu pulau yang tandus. Persediaan makanan hampir habis. Mereka telah menghabiskan makanan mereka yang terakhir. Persediaan minyak hampir habis. Temperatur turun dengan drastis dan mereka merasakan dingin yang sangat. Mereka telah bersedia apa yang terburuk yang akan dihadapi. Mereka tahu kematian segera datang. Pada saat mereka putus harapan, salah satu rekan mereka melihat ada asap yang muncul dikejauhan. Ada orang yang sudah mendengar signal radio permintaan tolong dari mereka. Pertolongan segera akan datang. Kelepasan akan tiba. Asap dari kejauhan itulah yang mereka rindukan untuk memberikan semangat untuk tetap bertahan. Tidak lama lagi semua ketakutan akan  berakhir. Tidak lama lagi mereka akan berada di kapal yang dapat menghangatkan tubuh mereka, dan tidak lama lagi mereka akan pulang. Ya, pulang akhirnya.
 
Buku terakhir dari Alkitab, Wahyu, menyatakan bahwa pertolongan itu sedang datang. Segera kita, juga akan diselamatkan. Mimpi buruk yang panjang tentang dosa akan lalu. Kita akan diselamatkan dan Setan akan dipenjarakan. Kita akan bebas dan Setan akan dibelunggu. Kita akan diangkat ke angkasa untuk bertemu dengan Yesus, dan Setan akan dirantai dengan lingkungan di dunia ini Kita dan menerima kalimat hidup yang kekal, dan Setan dengan para pengikutnya akan menerima kalimat kebinasaan yang kekal. Setiap saatnya, hakim atau juri, di Dunia ini, memberikan keputusan hukuman kepada seseorang atau satu jangka penjara sebagai akibat kejahatan yang dilakukan. Hukuman penjara tiga atau empat tahun atau seumur hidup, atau kalau mungkin ia sudah lanjut usia maka tidak diharapkan dia akan menjalani hukuman dengan penuh hukuman menyatakan kemarahan masyarakat atas perbuatan kriminal yang dilakukan.
 
Apakah Anda sadar bahwa waktunya segera akan datang apabila hakim akan memutuskan hukuman 1,000 tahun dan penjahat akan menjalani hukumannya. Dengarkanlah kata-kata ini dari Alkitab: Lalu aku melihat seorang malaikat turun dari sorga memegang anak kunci jurang maut dan suatu rantai yang besar ditangannya. Ia menangkap naga, si ular tua itu yaitu Iblis dan Setan, dan mengikatnya seribu tahun lamanya dan melemparkannya ke dalam jurang maut dan menutup jurang maut itu dan memeteraikannya diatasnya, supaya ia jangan lagi menyesatkan bangsa-bangsa sampai sebelum berakhir seribu tahun. kemudian dari pada itu ia akan dilepaskan untuk sedikit waktu lamanya. Wahyu 20:1-3
 
Di sini kita dapati bahwa Tuhan mempunyai satu rencana untuk penjahat yang terbesar alam semesta yang pernah dikenal-seorang penjahat yang terlibat di dalam setiap dosa dan kejahatan yang pernah dilakukan di dunia ini. Tetapi waktunya akan tiba apabila ia dipenjarakan untuk 1,000 tahun!
 
Apakah Seribu Tatun Itu?
 
Periode waktu seribu tahun disebut millenium, dari dua kata Latin, mille, berarti seribu tahun, dan annum berarti tahun. Nubuatan juga menyatakan kepada kita bahwa Setan akan dipenjarakan untuk 1,000 tahun kemudian dari pada itu ia akan dilepaskan untuk waktu sedikit lamanya untuk membuktikan kemampuannya kepada dunia bahwa walaupun sesudah seribu tahun, ia tidak berobah - ia tetap sama seperti Iblis. Untuk mengerti nubuatan ini dan melihat kegenapan tanda-tanda dalam sejarah, kita harus mengetahui jalan keluar bagaimana itu mulai dan berakhir dan apakah yang terjadi selama periode diantara.
 
Masa seribu tahun diapit oleh dua kebangkitan:
1)    Kebangkitan kepada kehidupan pada permulaan periode itu,
2)    Kebangkitan kebinasaan pada waktu terakhir
 
Pada suatu hari waktu Yesus sedang mengajar muridmuridnya tentang kematian Ia berkata: Sesungguhnya saatnya akan tiba, dan sudah tiba bahwa orang mati akan mendengar suara Anak Allah, dan mereka yang mendengarnya, akan hidup. Yohanes 5:25
 
Dan itu terjadi. Orang mati akan mendengar suara-Nya dan akan hidup. Itulah sebabya semua orang mati akan bangkit. Aku tahu bahwa akan datang suatu kejutan kepada kamu sebab engkau pikir bahwa hanya orang yang mati dalam kebenaran akan dibangkitkan. Perhatikan bagaimana Kristus begitu rumit dalam ayat ke 28 dan ke29 pada pada bab yang sama ini: Jangan kamu heran akan hal ini sebab saatnya akan tiba bahwa semua orang yang didalam kuburan akan mendengar suara-Nya, dan mereka yang telah berbuat baik akan keluar dan bangkit untuk hidup yang kekal, tetapi mereka yang telah berbuat jahat akan bangkit untuk dihukum. Yohanes 5:28, 29
 
Pehatikan kedua kebangkitan:
 
Pertama, kebangkitan bagi mereka yang telah berbuat baik dan yang kedua - kebangkitan untuk dihukum. Dengarkan apa yang Alkitab katakan tentang mereka yang termasuk dalam kebangkitan pertama: Inilah kebangkitan pertama. Berbahgia dan kuduslah ia yang mendapat bagian dalam kebangkitan pertama itu. Kematian yang kedua tidak berkuasa lagi atas mereka dan mereka akan memerintah sebagai raja bersamasama dengan Dia, seribu tahun lamanya.Wahyu 20:5, 6.
 
Ini sesuai dengan apa yang Paulus katakan kepada orang-orang di Tesalonika. Perhatikan bagaimana Ia menggambarkan kedatangan Yesus yang kedua kali. Maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dengan suara yang nyaring, dengan suara dari penghulu malaikat, dan dengan terompet Allah. Dan orang yang mati didalam Kristus akan lebih dahulu bangkit. Sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan-awan menyongsong Tuhan di angkasa. Dengan demikian kita akan selama-lamanya bersamasama dengan Tuhan. Ayat 16, 17.
 
Merupakan suatu gambaran kebangkitan yang mulia. Perhatikan bahwa mereka yang mati didalam Kristus akan dibangkitkan lebih dahulu, kemudian pengikutpengikut Kristus yang hidup, yang masih tinggal akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan diangkasa!
 
Pada hari itu akan digenapi janji Yesus, barangsiapa yang percaya kepadaku, walaupun ia sudah mati, ia akan hidup. Yohanes 11:25 Ya, orang yang mati dalam kebenaran akan bangkit dari kuburan apabila Kristus datang kembali. Yesaya menggambarkan keadaan yang menggembirakan ini . Bangkitlah dan berorak sorai, Sebab embun Tuhan ialah embun terang, dan bumi akan melahirkan arwah kembali. Yesaya 26:19. Oh mulianya hari itu! Ibu-ibu akan bersatu kembali dengan bayi-bayi mereka yang mati. Suami -suami dan isteri-isteri akan bersatu kembali. Anak laki-laki dan perempuang akan bersatu kembali dengan Ibu dan Ayah.! Akankah penglihatan ini berlalu lagi?
 
Lau janji Kristus yang ajaib waktu yang lalu akan digenapi: Aku pergi menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku pergi menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ketempat-Ku supaya di tempat dimana Aku berada, kamupun berada. Yohanes 14:2, 3. Ini adalah di mana orang-orang yang diselamatkan akan perbuat salama 1000 tahun.
 
Apakah yang akan kita perbuat? Yohanes menceritakan kepada kita: Bahagia dan kuduslah ia yang mendapat bagian dalam kebangkitan pertama. Kematian yang kedua tidak berkuasa lagi atas mereka, tetapi mereka akan menjadi imam-imam Allah dan Kristus, dan mereka akan memerintah sebagi raja bersama-sama dengan Dia, seribu tahun lamanya. Wahyu 20:6. Di samping kesukaan yang tak terlukiskan bersama dengan Yesus itu, Yohanis memberikan gambaran apa yang akan dilakukan selama 1000 tahun itu. Lalu aku melihat takhta-takhta, dan orang-orang yang duduk diatasnya, dan kepada mereka diserahkan kuasa untuk menghakimi.Wahyu 20:4. Yang Maha Bijaksana, Allah Yang Maha Kuasa diseluruh alam semesta sudah termasuk kelemahan pria dan wanita didalam tugas yang khidmat dari pengkakiman malaikat yang jatuh dan binasa.
 
Paulus menyatakan: Tidak tahukah kamu orang-orang kudus akan menghakimi dunia ini?... Tidak tahukah kamu bahwa kita akan menghakimi malaikat-malaikat? 1 Korintus 6:2, 3.
 
Menjelaskan akan Allah adalah hakim yang baik dan adil. Selama seribu tahun tuduhan Satan turus menyatakan bahwa Allah, tidak kasih, dan tidak adil. Tahun-tahun selama millenium akan menghentikan tuduhan tersebut mempertahankan nama baik dan karakter Tuhan diseluruh alam semesta! Tetapi mengapa kita perlu menghakimi malaikatmalaikat jahat dan orang-orang berdosa? Bukankah mereka dihakimi sebelum Kristus datang? Betul, tetapi engkau akan kaget, apakah reaksimu jika engkau melihat seseorang yang diharapkan berada di sorgat-tapi dia binasa selama-lamanya. Engkau akan bertanya di manakah keadilan Tuhan .
 
Selama millinium, catatan orang yang hilang akan dibuka. Rahasia yang paling hati-hati dan maksud yang berlabuh dipikiran kita akan dinyatakan. Kasih Allah dan Keadilan akan diteguhkan.Mereka yang memeriksa berkata catatan: Meskipun demikian, Ya Allah Yang Maha Kuasa, benar dan adil segala penghakimanMu. Wahyu 16:7
 
Anda akan merasa heran mereka yang hidup saat Kristus datang, tetapi tidak menerima keselamatan. Wahyu pasal 19 menyatakan tentang kedatangan Yesus yang kedua kali dan kebinasaan mereka yang tidak diselematkan dalam kata-kata: Dan semua orang lain dibunuh dengan pedang, yang keluar dari mulut Penunggang kuda itu... Wahyu 19:21 Tidak ada jalan bagi yang hilang untuk dapat berdiri menghadapi kemuliaan kedatangan Yesus dengan seluruh malaikat suci-Nya. Pada saat malaikat datang ke kuburan Yesus dan seradu-serdadu Romawi menjadi seperti orang mati. Alkitab katakan, Maka pada hari itu akan bergelimpangan orang-orang mati terbunuh oleh Tuhan dari ujung bumi sampai ke ujung bumi. Mereka tidak akan diratapi, tidak akan dikumpulkan dan tidak akan dikuburkan; mereka akan menjadi pupuk di ladang. Yeremia 25:33.
 
Pada kedatangan Kristus yang kedua kali, orang benar dibangkitkan dan diwujudkan untuk bertemu Kristus diawan-awan.. dan mereka yang tidak diselamatkan akan dibunuh oleh terang kedatangan-Nya-- oleh pedang yang keluar dari mulut-Nya. Seseorang akan bertanya, Bagaimana dengan orang yang tidak diselamatkan yang tetap tinggal didalam kubur? Jawaban terdapat di dalam ayat ke-lima dari Wahyu pasal 20.
 
Tetapi orang-orang yang lain tidak bangkit sebelum berakhir masa yang seribu tahun... Puzzle mulai disatukan kembali. Gambaran yang besar menjadi fokus seperti apa yang akan terjadi bila Yesus Kristus kembali. Ini adalah peristiwa yang terjadi pada kedatangan Kristus.
 
1)    Yesus akan datang kembali, dengan seluruh malaikat-Nya (Matius 25:31)
2)    Mereka yang mati didalam Kristus akan bangkit lebih dahulu (1 Tesalonika 4:16).
3)    Kita yang hidup yang masih tinggal akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa (1 Tesalonika 4:17)
4)    Mereka yang diselamatkan akan pergi ke sorga dengan Yesus dan tinggal bersama Dia untuk 1000 tahun. (Wahyu 20:4, 6).
5)    Mereka yang tidak diselamatkan dibunuh dengan cahaya dari kedatangan Kristus (Yermia 25:33).
6)    Mereka yang jahat mati, tidak akan dibangkitkan sesudah seribu tahun. (Wahyu 20:5)
7)    Setan dibelenggu untuk 1000 tahun oleh rantai keadaan-tidak ada yang digoda atau dibinasakan!
 
Orang benar berada di surga, dan semua orang jahat sudah mati. Semua sudah lenyap! Dimana-mana, semua binasa (Yeremia 4:23-26). Dunia ini menjadi penjara setan. Alkitab mengatakan bahwa Setan dibuang kelubang yang sangat dalam untuk seribu tahun (millenium) Bagaimana dia dirantai? Oleh rantai situasi yang menjadikan tidak mungkin bagi dia menggoda dan membinasakan siapasiapa untuk seribu tahun. Mereka yang telah mengikut Setan selama hidup mereka di bumi telah mati terbunuh pada kedatangan Kristus, atau mereka tetap berada di kubur hingga seribu tahun lewat. Orang yang diselamatkan bersama Kristus untuk seribu tahun.
 
Setan bersama malaikat jahatnya yang menggoda dan menuntun dengan salah, selama 6000 tahun, masih juga tetap jahat. Dunia ini menjadi penjaranya. Dia ingin menunjukkan bagaimana dia memerintah dunia, jadi dia mengambil kekuasaan dari Adam dan Hawa dengan menipu, tetapi sekarang setiap orang akan dapat melihat pemerintah yang bagaimana dia sebenarnya! Engkau akan mengingat bahwa Wahyu 20:3 berkata: Lalu melemparkannya ke dalam jurang maut, dan menutup jurang maut itu dan memeteraikannya di atasnya, supaya ia jangan lagi menyesatkan bangsa-bangsa, sebelum berakhir masa seribu tahun itu; kemudian dari pada itu ia akan dilepaskan untuk sedikit waktu lamanya. kata Alkitab asli untuk lubang yang sangat dalam adalah jurang maut. Ini kata yang sama digunakan dalam Perjanjian Lama untuk menguraikan dunia dalam kacau balau sebelum Allah membentuk dunia yang indah ini.
 
Aku melihat kepada bumi, ternyata campur baur dan kosong, dan melihat kepada langit, tidak ada terangnya.
Yeremia 4:23. Ya, dunia ini adalah jurang maut atau lubang yang sangat dalam Itu menjadi tempat yang gelap! Apa lagi dikatakan Yeremia mengenai bumi pada saat ini: Aku melihat kepada gunung-gunung, ternyata goncang; dan seluruh bukitpun goyah. Aku melihat, ternyata tidak ada manusia, dan semua burung di udara sudah lari terbang. Yeremia 4:24,25. Engkau akan perhatikan bahwa dikatakan, Tidak ada manusia. Sekali lagi Yeremia berkata, Aku melihat, ternyata tanah subur sudah menjadi padang gurun, dan segala ktoanya sudah runtuh di hadapan Tuhan, dihadapan murka-Nya yang menyala-nyala! Ayat 26, 27.
 
Sudah tentu kelihatannya seperti tempat yang seram untuk ambil liburan selama 1000 tahun, bukankah demikian? Setan dan malaikat-malaikat jahat tidak berbuat apa-apa tapi bergerak kesana-kemari dalam gelap, rusak, planet yang sepi dan memantulkan akibatakibat dari pemberontakan mereka melawan Allah! Sekarang mari kita mengulangi peristiwa-peristiwa yang terjadi selama millenium:
 
1. Dunia sunyi dan hancur.
2. Semua yang tidak selamat mati, dibunuh oleh cahaya kedatangan Yesus.
3. Semua yang selamat berada di surga, memerintah dengan Kristus.
4. Setan dibelenggu dalam kegelapan, planet sunyi akibat pemberontakannya.
 
Maukah setan berubah? Bagaimana mengenai malaikat-malaikat yang dia pimpin pada pemberontakan? Maukah mereka memilih dia kembali-atau maukah mereka mengikut Kristus sekarang? Salah satu alasan dipilih Allah untuk menaruh millenium dalam daftar waktu-Nya adalah bahwa Dia mau menunjukkan pada dunia bahwa jika setan, malaikat-malaikatnya, dan semua yang telah memilih mengikut dia di bumi diberikan kesempatan lagi, mereka akan tetap pada keputusan yang sama dan memilih tuan yang sama. Mereka akan menolak rencana keselamatan walaupun mereka punya beribu kesempatan untuk menerimanya. Apa yang dikatakan Alkitab mengenai pilihan mereka? Jawaban diberikan dalam Wahyu 20:7, 8: Dan setelah masa seribu tahun itu berakhir, Iblis akan dilepaskan dari penjaranya, dan ia akan pergi menyesatkan bangsa-bangsa pada keempat penjuru bumi... dan mengumpulkan mereka untuk berperang dan jumlah mereka sama dengan banyaknya pasir di laut. Wahyu 20:7, 8. Kemungkinan Anda merasa heran dari mana semua orang ini datang siapa yang akan ikut dalam peperangan ini. Ingat, kita bawa dalam fasal 20 dariWahyu, ayat 5: Tetapi orang-orang mati yang lain tidak bangkit sebelum berakhir masa yang seribu tahun itu.
 
Ya, orang-orang mati yang lain atau orang mati yang tidak selamat dibangkitkan pada kebangkitan orang yang jahat pada akhir dari millenium. Satu pemandangan yang akan dilihat orang jahat yang mati dibangkitkan -bilangan sangat banyak, semua yang jahat dari zamannya Adam hingga pada kedatangan keduakali. Yohanes berkata, Dan jumlah mereka sama dengan banyaknya pasir di laut. Wahyu 20:8. Pada saat yang sama Kota Suci, Yerusalem Baru, dengan Kristus dan orang yang diselamatkan, datang ke Dunia pada akhir dari millenium! Kota ini akan menjadi target kemurkaan Setan karena Alkitab berkata, Dan setelah masa seribu tahun itu berakhir, Iblis akan dilepaskan dari penjaranya, dan ia akan pergi menyesatkan bangsa-bangsa pada
keempat penjuru bumi...mengumpulkan mereka untuk berperang. Wahyu 20:7,8.
 
Sekarang Setan dan malaikat-malaikat jahatnya pergi menipu orang jahat kembali! Dia tidak berubah sedikitpun! Sekali lagi orang yang tidak selamat memilih Setan sebagai pemimpin mereka. Setan menyusun mereka menjadi satu kekuatan tentara yang akan menjatuhkan Yerusalem Baru dengan paksa. Ini adalah peperangan dunia terakhir! Tentara yang dahsyat, dibawah pimpinan malaikat-malaikat pemberontak. menyerang! Mari baca apa kata Alkitab yang akan terjadi: Maka naiklah mereka ke seluruh dataran bumi, lalu
mengepung perkemahan tentara orang-orang kudus dan kota yang dikasihi itu. Tetapi dari langit turunlah api menghanguskan mereka. Wahyu 20:9
 
Peperangan telah berlalu! Bagaimana sedihnya saat itu yang sebenarnya bisa jadi lain! Apa yang terjadi dengan setan? Alktiab mengatakan pada kita: Dan iblis yang menyesatkan mereka, dilemparkan ke dalam lautan api dan belerang... Lalu Maut dan Kerajaan Maut itu dilemparkanlah kedalam lautan api. Itulah kematian yang kedua. Dan setiap orang yang tidak ditemukan namanya tertulis dalam Kitab Kehidupan itu ia dilemparkan kedalam lautan api itu. Wahyu 20:10. 14. 15. Petrus melihat api ini dalam khayalnya dan menulis:
 
...Pada hari itu langit akan lenyap dengan gemuruh yang dahsyat dan unsur-unsur dunia akan hangut dalam
nyala api, dan bumi dan segala yang ada diatasnya akan hilang lenyap. 2 Petrus 3:10
 
Setan, malaikat-malaikatnya yang jahat, dan orang berdosa akan hilang lenyap! Kita mungkin punya saudara, sahabat, atau kenalan yang kita sangat kasihi yang akan hilang lenyap. Sudah tentu kita akan menangis. Namun, kabar baik adalah: Dan Ia akan menghapus segala air mata dari mata mereka, dan maut tidak akan ada lagi, tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu. Wahyu 21:4. Satu kemuliaan kekal Allah janjikan bagi yang diselamatkan! Pikiran manusia tidak dapat memahami kemuliaan dan keindahan dari surga yang disediakan Allah bagi mereka yang mengasihi dan sedia mengikut Dia! Dan memikirkan bahaw semua ini, orang jahat dapat menikmatinya, tetapi harganya sangat mahal! Mereka tidak bersedia memilih Kristus sebagai Juruselamat dan Tuhan mereka. Di kelompok mana engkau berada pada hari itu sahabatku? Apabila hari itu datang, akan jadi terlambat untuk merubah tempat. Walaupun pada permulaan dari seribu tahun ketika Yesus datang itu sudah terlambat. Itu akan sangat terlambat jika engkau mati secara tiba-tiba dan tanpa peringatan. Satu-satunya jalan adalah yakin bahwa engkau ada di antara orang benar pada akhir millennium adalah memberikan hatimu dan seluruh hidupmu pada Yesus sekarang.
 
HARI INI! Jika Anda mau, memberikan hidupmu seutuhnya pada Yesus,  Jika Anda punya beberapa masalah dalam hidupmu, datang kepada Yesus sekarang ini. Jika Anda punya beberapa kebiasaan yang perlu Anda menangkan, datang kepada Yesus sekarang ini. Jika Anda sedang bergumul dengan pencobaan, datang kepada Yesus sekarang ini. Yesus akan mendengarkan doamu. Yesus akan menjawabnya. Tuhan memberkati kita semuanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar